Nama Polisi Paling Teladan Yang Ada di Indonesia

Polisi sekarang ini memangs edang mendapatkan sorotan dari masyarakat. Beberapa jenderal serta perwira juga sekarang ini sedang dijerat oleh kasus kasus dugaan korupsi. Saat di masa lalu dulu, hampir tidak ada anggota kepolisian yang memberikan teladan antikorupsi. Polisi juga seringkali memberikan perlakuan kekerasan untuk rakyat, komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tidak Kekerasan ini menilah kurang lebih ada sekitar 40 kasus kesewenangan polisi setahun akhir ini. Mereka seringkali memakai kekerasan saat sedang memeriksa tersangka. Sekarang pun sangat tak mudah mencari polisi yang menegakkan hukum serta memberikan contoh tentang cara mengayomi masyarakat. Nah, di bawah ini ada beberapa nama polisi yang paling teladan di Indonesia.

1. Inspektur Polisi I Anwar Maksoem

Inspektur Polisi I Anwar Maksoem

Ia pernah menjabat jadi seorang wali kota Buktitinggi. Selama 7 tahun menjabat, kekayaannya tak bertambah. Setelah tak menjabat jadi wali kota, ia pun kembali berdinas di kepolisian. Kondisi perekonomian yang saat itu sedang buruk membuatnya hanya bisa mengandalkan gaji tanpa korupsi. Hartanya yang paling berharga, tanda pangkat balok dari emas pun sudah ia jual untuk menghidupi keperluan sehari – hari.

2. Komisaris Jenderal Mohammad Jasin

Komisaris Jenderal Mohammad Jasin

Komjan yang satu ini lebih dikenal dengan nama Bapak Korps Brigade Mobil Indonesia. Selain dikenal sebagai polisi yang gagaj berani, ia pun terkenal jujur. Ia juga diberikan tugas untuk menumpas gerombolan Mayor Sabarudin yang ada di Surabaya. Ia sebenarnya merupakan Komandan Polisi Militer namun berkelakuan seperti kepala perampok. Itulah kenapa taka da tentara yang berani menangkapnya. Saat menggerebek sabarudin, Jasin pun menemukan 4 besek perhiasan emas dan berlian. Namun ia tak terpengaruh sama sekali dan menyerahkan semuanya ke atasannya.

3. Jenderal Hoegeng

Jenderal Hoegeng

Sebagai kapolri, sepanjang sejarah Hoegeng merupakan polisi paling terkenal karena kejujurannya. Ia menolak segala bentuk hadiah maupun suap. Ia bahkan pernah melemparkan semua perabot mewah pemberian raja judi di Medan. Ia juga membongkar praktik penyelundupan yang banyak dibeking anggota polisi serta TNI.

4. Brigadir Royadin

Brigadir Royadin

Ia adalah orang yang pernah menilang Sultan Yogyakarta sekaligus Menteri Pertahanan Republik Indonesia dimana saat itu sang menteri melawan arus. Dengan ras atakut dan tangan bergetar pun ia memberikan surat tilang. Bukannya marah, sang sultan malah terkesan dengan integritas yang dimiliki royadin. Ia pun meminta Royadin pindah bertugas ke Yogyakarta namun ditolak olehnya karena ingin tetap bertugas di Pekalongan.

5. Brigjen Polisi Kaharoeddin Dt Rangkayo Basa

Brigjen Polisi Kaharoeddin Dt Rangkayo Basa

Perwira polisi pertama di republic ini diangkat jadi gubernur sekaligus putra Minangkabau pertama yang mendapatkan pangkat jenderal polisi. Ia selalu menolak pemberian yang di luar gajinya. Sampai akhir hayat pun, ia tak memiliki rumah pribadi. Padahal, ia pernah diberikan tanggung jawab memegang uang operasional seluruh polisi yang ada di Sumatera. Yang yang nilainya puluhan miliar itu segera ia kembalikan ke Negara.

Itulah beberapa nama polisi yang paling teladan. Sikap mereka yang seperti inilah yang harus kita tiru ya! Semoga bermanfaat.