Sejarah Lahirnya Agama Katholik di Dunia

Katholik merupakan sebuah agama yang cukup besar di muka bumi. Agama Kristen Katholik atau Katholik saja merupakan sebuah agama yang wahyu.

Sama halnya dengan dua agama wahyu lainnya yaitu Yahudi serta Islam. Istilah Katholik sendiri berasal dari bahasa Yunani yang merupakan sebuah bahasa yang sering di jadikan rujukan saat belajar agama serta teologi Kristen Katholik yaoti Katholikos.

Dimana artinya adalah ajaran yang sifatnya umum serta tersebar di seluruh dunia atau bisa di terima di seluruh dunia.

Yang menggunakan istilah Katholik pertama kali adalah Ignatius dari Antiokia. Kata Katolik sendiri pun setelahnya di anggap sebagai nama ajaran gereja yang benar.

Agama katolik tumbuh saat Yesus lahir di kota Betlehem yang letaknya ada di Palestina di awalan abad ke empat Masehi.

Di mana gereja pun mendapatkan pengakuan resmi dari kaisar Romawi Konstantin Agung di tahun 380 M dalam bentuk Katolik Ortodoks yang kedudukannya Monopoli dan juga terus berkembang di luar kerajaan Romawi.

Semenjak abad pertama sampai dengan abad ke empat agama Kristen Katolik ini sudah menyebar di sekitar laut tengah.

Dan dalam abad keempat sampai dengan abad ke tiga belas pun menyebar di Eropa. Abad ke tiga belas sampai abad 18 masuk ke benua Amerika, sebagian Afrika dan juga Asia.

Di dalam abad ke 19, agama Kristen Katholik pun telah berkembang ke seluruh dunia. Penganut agama Kristen Katolik pun jadi membeludak.

Masyarakat animism serta peliteisme dan lain – lain yang di anut oleh masyarakat setempat, saat agama Kristen Katolik di sebarkan pun meninggalkan animismenya seta memeluk agama Kristen Katolik.

Di abad ke 20 gerakan zending internasional juga sudah menjelajahi seluruh dunia. Agama Kristen sendiri merupakan sebuah kepercayaan yang berdasarkan pada ajaran, hidup, sengsara, wafat, serta kebangkitan dari Yesus Kristus atau Isa Almasih.

Agama ini pun meyakini bahwa Yesus Kristus merupakan Tuhan serta Mesias. Sang juru selamat bagi seluruh umat manusia, yang menebus serta membebaskan seluruh umat manusia dari belenggu dosa.

Mereka pun beribadah di gereja serta Kitab Suci mereka adalah Alkitab yang di dalamnya ada Injjil. Murid – murid Yesus Kristus pertama kali di panggil Kristen di Antiokia. Muridnya ada sebanyak 12 orang.

Agama Kristen Katolik termasuk Kristen termasuk sebagai salah satu dari agama Abrahamik yang berdasar pada ajaran, hidup, kematian dengan penyaliban, kebangkitan, serta kenaikan Yesus dari Nazaret ke surga.

Sebagaimana di jelaskan ke dalam Kitab Suci Perjanjian Baru atau Injil. Umat Katolik juga Kristen yakin kalau Yesus merupakan Mesias yang di uraikan ke dalam kitab Perjanjian Lama atau Kitab Suci Yahudi.

Secara historis, Yesus pun lahir di kota Betlehem yang letaknya ada di Palestina sekitar tahun 4 SM, di masa kekuasaan raja Herodes.

Yesus lahir dari Rahim seorang wanita perawan bernama Maria yang di kandung oleh Roh Kudus. Di umur 27 tahun ia pun mulai mengajarkan ajarannya pada Galilea serta kemudian ajarannya menyebar di kalangan orang – orang Palestina serta daerah sekitarnya.

Agama Wahyu, Yahudi, Nasrani (Kristen Katolik dan Kristen Protestan) Yesus menyampaikan ajarannya hanya sekitar 4 tahun lamanya.

Di tanggal 4 April 30 M, serta di umurnya yang ke 30 – 31 tahun ia wafat di kayu salib. Setelah wafat dan juga bangkit sesuai dengan keyakinan serta kepercayaan umat kristiani, para rasulnya pun meneruskan berbagai ajaran Yesus.